Kaidah Dalam Menentukan Calon Pemimpinmu

Kaidah Dalam Menentukan Calon Pemimpinmu

Islam agama yang mengatur semua urusan manusia.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“(Kualitas Agamanya) Seseorang Tergantung Siapa Temannya, Maka Bagi Kalian Pilih dan Pilahlah Siapa Orang Yang Menemanimu” (HR. Abu Daud)

Urusan memilih teman saja diatur ketat, lalu bagaimana ketika memilih sang pemimpin yang merupakan otak segala administrasi urusan rakyat dan urusan ummat.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyampaikan “Maka bagi kalian pilih dan pilahlah siapa temanmu”, tentu ini isyarat dari Rasulullah agar kita memilih teman yang sesuai dengan kepribadian Rasulullah atau minimal seperti sahabat-sahabat karib Rasulullah. Begitu juga hal ini berlaku dalam hal memilih pemimpin, bahkan lebih ditekankan lagi.

Pilihlah pemimpin yang sesuai dengan kepribadian Rasulullah atau sahabat-sahabatnya. Juga lihatlah siapa teman-temannya atau orang-orang (pendukung) yang di belakang calon pemimpin itu.

Apakah mereka cinta syariat islam? Apakah mereka cinta dakwah? Apakah mereka cinta ulama dan aktivis dakwah? Apakah mereka ahlu sholat, ahlu quran was sunnah? ahlu puasa? ahlu ibadah? Apakah mereka yang gemar menolak aliran-aliran menyimpang seperti PKI, Syiah, Ahmadiyah dan sejenisnya yang sudah dicap sesat oleh MUI? Apakah mereka pro kemaslahatan rakyat Indonesia alias memprioritaskan kepentingan rakyatnya sendiri? Apakah mereka menolak LGBT, prostitusi, miras, penistaan agama dan segala kemungkaran yang merupakan sebab datangnya adzab? Apakah mereka dekat dengan ormas-ormas Islam yang sudah berkiprah untuk bangsa dan agama? Apakah mereka betul-betul mengabdi untuk negaranya sendiri?

Maka dengan itu kita akan bisa menentukan dengan mudah siapa calon pemimpin yang akan kita pilih, namun sebelumnya hadirkan kejujuran dan keikhlasan yang sesungguhnya dalam menentukan pilihan itu agar tidak ada kedustaan dalam hati kita sehingga kita memilih yang sebenarnya hati kita menolaknya.

Wallahu A’lam

@Abul Fata Murod, BA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *