TOLOK UKUR LURUS ATAU TIDAKNYA SESEORANG ATAU SEBUAH KOMUNITAS YANG MENGATAS NAMAKAN ISLAM DALAM PERJUANGANNYA

TOLOK UKUR LURUS ATAU TIDAKNYA SESEORANG ATAU SEBUAH KOMUNITAS YANG MENGATAS NAMAKAN ISLAM DALAM PERJUANGANNYA

Sebaik-baik petunjuk adalah wahyu Allah. Siapa yang berjalan sesuai wahyu Allah berarti ia berada di jalan yang lurus, sebaliknya siapa yang menyelisihi wahyu Allah, berarti ia dalam penyimpangan.

Ada satu ayat, yang Allah firmankan dalam al-quran bisa kita jadikan tolok ukur lurus atau tidaknya seseorang atau sebuah komunitas yang mengatas namakan Islam dalam perjuangannya, yaitu firman Allah;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ.

“Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kalian yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang-orang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. ”
(QS. Al-Maidah: 54)

Bisa disimpulkan bahwa seseorang atau suatu komunitas itu betul-betul di jalan yang lurus adalah yang memiliki karakter atau jati diri berikut ini;

1. Allah mencintainya dan ia pun mencintai Allah

2. Bersikap lemah lembut terhadap kaum mukmin dan bersikap keras dan tegas terhadap kaum kafir

3. Berjihad di jalan Allah

4. Tidak takut terhadap orang yang mencela dan menghadang dalam perjuangannya.

Semoga Allah kokohkan kita di atas agama-Nya.

@Abul Fata Murod

2 Replies to “TOLOK UKUR LURUS ATAU TIDAKNYA SESEORANG ATAU SEBUAH KOMUNITAS YANG MENGATAS NAMAKAN ISLAM DALAM PERJUANGANNYA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *