HINDARI NAMA INI DALAM MENAMAI ANAK

HINDARI NAMA INI DALAM MENAMAI ANAK

Menamai anak adalah bagian dari sunnah-sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam setelah lahirnya sang bayi.

Imam An-Nawawi Asy-Syafii rahimahullah berkata dalam kitabnya Al-Adzkar:

السنة أن يسمى المولود في اليوم السابع من ولادته أو يوم الولادة‏

“Termasuk sunnah adalah memberikan nama pada bayi yang lahir di hari ke tujuh dari hari kelahirannya atau pada hari kelahirannya”.

Setiap orang tua tentu ingin menamai anak dengan nama yang terbaik, baik dari pelafadzan maupun secara makna. Akan tetapi dalam menamai anak perlu mengetahui nama-nama yang diperbolehkan dan nama-nama yang harus dihindari.

Rasulullah shallalahu alaihi wasallam bersabda:

إنكم تدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم‏

 ‏‏”Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-nama kalian dan nama bapak-bapak kalian maka hendaklah kalian memperbagus nama” (Hadits Riwayat Abu Daud dari Abu Darda’)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyebutkan beberapa nama yang harus dihindari ketika menamai sang bayi sebagaimana dalam hadits yang berbunyi;

وحَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ الرُّكَيْنِ بْنِ الرَّبِيعِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُسَمِّ غُلَامَكَ رَبَاحًا وَلَا يَسَارًا وَلَا أَفْلَحَ وَلَا نَافِعًا

Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id; Telah menceritakan kepada kami Jarir dari Ar Rukain bin Ar Rabi’ dari Bapaknya dari Samurah bin Jundab ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Janganlah kamu memberi nama anakmu dengan ‘Rabah’ (beruntung), ‘Yasar’ (Mudah), Aflah (paling beruntung), dan Nafi’ (bermanfaat). (HR. Muslim)

إن أخنع اسم عند الله تعالى رجل تسمى ملك الأملاك‏

“Sesungguhnya nama yang paling buruk atau rendah disisi Allah adalah seseorang yang menamai dirinya malikul amlak (maha raja diraja) (Hadits Riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah)

Dalam kesempatan lain rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyebutkan nama-nama terbaik dalam menamai sang bayi sebagaimana dalam sabdanya;

‏إن أحب أسمائكم إلى الله عز وجل عبد الله، وعبد الرحمن‏

“Sesungguhnya dari nama-nama kalian yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman” (Hadits Riwayat Muslim dari Ibnu Umar)

Juga nama yang paling bagus adalah menamai dengan nama para nabi, istri nabi, para sahabat atau sahabiyat rasulullah, para tabiin dan orang-orang shaleh terdahulu.

Semoga bermanfaat.

@Abul Fata Murod, Lc

Artikel:

www.inilahfikih.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *