FENOMENA TERCABUTNYA ILMU DARI MUKA BUMI

FENOMENA TERCABUTNYA ILMU DARI MUKA BUMI

Kita sering mendengar kabar meninggalnya ulama, baik ulama luar maupun dalam negeri. Sesungguhnya ini merupakan salah satu fenomena tercabutnya ilmu dari muka bumi ini. Oleh karena itu kita sebagai orang yang masih diberikan kehidupan dan kesempatan hendaknya tidak bermalas-malasan dalam mencari ilmu agama Islam. Berusahalah untuk menjadi penerus estafet perjuangan para ulama. Ambillah warisan yang berharga dan bernilai dari mereka berupa ilmu-ilmu syar’i.

Dengan ilmu, lalu diamalkan serta didakwahkan in syaAllah keberkahan dan keamanan turun di negeri ini. Sunnah atau ajaran Rasulullah akan tertanam dengan kokoh pada jiwa ummat. Semoga Allah memberikan rasa semangat yang tinggi kepada kita dalam menuntut ilmu syari. Mari kita simak hadis mulia ini, semoga menjadi motivasi bagi kita, sehingga terus bersemangat dalam belajar, taklim, mengaji, atau menuntut ilmu. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ الله لا يَقْبِضُ العِلْمَ انْتِزَاعَاً يَنْتَزِعُهُ من العِبادِ ولَكِنْ يَقْبِضُ العِلْمَ بِقَبْضِ العُلَمَاءِ حتَّى إذا لَمْ يُبْقِ عَالِمٌ اتَّخَذَ الناس رؤسَاً جُهَّالاً ، فَسُئِلوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا- رواه البخاري

“Sesungguhnya Allah tidak menggenggam ilmu dengan sekali pencabutan, disaat mencabutnya dari para hamba-Nya. Namun Dia menggenggam ilmu dengan mewafatkan para ulama. Sehingga, jika ulama tidak tersisa, manusia akan merujuk kepada tokoh-tokoh yang bodoh. Disaat mereka dimintai fatwa, maka mereka (tokoh-tokoh bodoh) itu berfatwa tanpa ilmu. Maka mereka tersesat dan menyesatkan. (HR. Al-Bukhari)

Jika para ulama satu persatu diwafatkan, sedangkan kita enggan untuk menjadi penerus mereka. Lalu apa yang akan terjadi dengan ummat ini? apakah akan kita serahkan kepada tokoh-tokoh yang bodoh? yang justru mereka tersesat, sehingga akan menyesatkan ummat. Tentu tidak..!!

Oleh: Abul Fata Miftah, Lc

www.inilahfikih.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *