GUE DI NERAKA JUGA GAK APA-APA

GUE DI NERAKA JUGA GAK APA-APA

“Gue di neraka juga gak apa-apa”, inilah kira-kira ucapan yang terkadang keluar dari mulut seseorang.

Dia dengan ringan dan mudah mengatakan seperti itu, karena mungkin ia belum pernah mengetahui apa itu neraka dan bagaimana gambaran neraka. Mungkin yang ia ketahui sekedar pusat perbelanjaan, panggung hiburan, penginapan-penginapan, tempat wisata atau club malam.

Kalaulah saja ia mau membaca ayat dan hadis Nabi dengan hati yang ikhlas dan tulus tentang gambaran neraka maka ia akan terkaget-kaget. Bagaimanakah gambaran neraka?

Ibnu Rajab rahimahullah menukil pendapat Ka’ab dari Umar bin Khaththab: “Seandainya neraka Jahannam dibuka seukuran hidung lembu di bumi sebelah timur, dan ada seseorang di belahan bumi bagian barat, pasti otaknya akan meleleh karena tidak mampu menahan panasnya api Jahannam”.

يُؤتى بالنارِ يومَ القيامةِ لها سبعون ألفَ زمامٍ مع كلِّ زمامٍ سبعون ألفَ ملَكٍ يجرُّونَها

“Neraka Jahannam pada hari kiamat akan didatangkan, ia memiliki 70.000 tali. Pada setiap talinya terdapat 70.000 malaikat yang menariknya” (HR. Muslim).

إِنَّآ أَعۡتَدۡنَا لِلۡكَٰفِرِينَ سَلَٰسِلَاْ وَأَغۡلَٰلٗا وَسَعِيرًا

“Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala-nyala” (QS. Al-Insan: 4).

Ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sedang bersama sahabatnya, tiba-tiba mereka mendengar suara. Beliau shallallahu alaihi wa sallam berkata, “Tahukah kalian, apakah itu?” Mereka berkata, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Beliau berkata, “Itu adalah batu yang dilemparkan ke dalam Jahanam sejak tujuh puluh tahun yang lalu. Sekarang baru sampai dasarnya.” (HR. Muslim)

نَارُكم هذِه ما يُوقدُ بنُو آدمَ جُزْءٌ واحدٌ من سبعين جزءاً من نار جهنَّم

“Api yang dinyalakan oleh Ibnu Adam adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian dari panasnya api Jahannam” (HR. Bukhari)

“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan air yang sangat dingin” (QS. An Naba’: 24-25).

“Neraka mengadu kepada Rabb-nya, ia berkata, ‘Rabb-ku, sebagian dariku menghancurkan sebagian yang lainnya. Allah berfirman kepada neraka, ‘Jika demikian maka engkau dapat bernafas dua kali: satu nafas di musim dingin dan satu nafas di musim panas.’ Maka itulah panas yang paling panas dan dingin yang paling dingin” (HR. Bukhari)

“Mereka yaitu penghuni neraka diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong usus-usus mereka” (QS. Muhammad: 15).

لَوْ أنَّ قطْرةً من الزَّقُّومِ قَطَرَتْ في دار الدُّنْيَا لأفْسَدَتْ على أهلِ الدنيا مَعَايِشَهُمْ

“Kalaulah saja setetes dari buah zaqqum menetes di dunia, niscaya akan menimbulkan kerusakan terhadap kehidupan penduduk dunia” (HR. At- Tirmidzi)

“Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya di neraka adalah Abu Thalib. Ia memakai dua sandal neraka yang membuat otaknya mendidih karena panasnya”. (HR. Ahmad)

Dan masih banyak ayat dan hadits yang menggambarkan tentang adzab-adzab neraka yang sangat dahsyat dan sangat mengerikan yang disediakan bagi para penghuni neraka. Sampai-sampai orang kafir berangan-angan seandainya adzab neraka bisa ditebus dengan emas sepenuh bumi maka mereka akan menebusnya.

Semoga Allah menghindarkan kita dan keluarga dari api neraka.

@Abul Fata Murod, Lc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *